Visi dan Misi MAN 5 Kediri

     a.  Visi

Untuk mengembangkan pendidikan Islam diperlukan visi yang jelas. Karena visi ini akan berfungsi sebagai arah dan motivasi yang memberikan daya gerak bagi seluruh unsur, disamping itu visi sangat urgen dalam menyatukan persepsi, pandangan,
cita-cita dan harapan untuk menjadi sebuah kenyataan yang dinikmati. Visi MAN 5 KEDIRI adalah TERWUJUDNYA GENERASI ISLAM YANG BERAKHLAQUL KARIMAH, UNGGUL DALAM PRESTASI, DAN KOMPETITIF.

Indikator dari visi tersebut adalah:
1. GENERASI ISLAM YANG BERAKHLAQUL KARIMAH, direalisasi dengan indikator
sebagai berikut:

a) Pengamalan 5 S(Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun).

b) Aktivitas yang bersendi dan bernuansa ajaran Islam.

c) Berperilaku islami dan berakhlak mulia.


2. UNGGUL DALAM PRESTASI, direalisasi dengan indikator sebagai berikut:

a) Unggul dalam akademik dan non akademik.

b) Unggul dalam perolehan nilai UN.

c) Unggul dalam lomba karya ilmiah.

d) Unggul dalam lomba kesenian.

e) Unggul dalam lomba olah raga.

f) Unggul dalam aktivitas keagamaan.

g) Selalu mengedepankan tindakan rasional, sistematis, dan terukur.

 

3. KOMPETITIF, direalisasi dengan indikator sebagai berikut:

a) Penerapan sistem pembelajaran yang efektif, efisien, dan bermutu.

b) Penguasaan teknologi dan informasi secara universal.

c) Mampu bersaing dalam memasuki perguruan tinggi dan dunia kerja.

d) Memiliki sikap kemandirian dan ketrampilan intelektual.

 

Data yang diperoleh dari visi MAN 5 Kediri untuk menciptakan generasi Islam yang berakhlaqul karimah, unggul dalam prestasi, dan kompetitif. Kaitannya dengan temuan peneliti adalah cara guru untuk menciptakan generasi Islami yaitu dengan adanya
kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di madrasah.


b. Misi

Untuk merealisasi pencapaian indikator visi tersebut di atas, misi yang dilakukan oleh MAN 5 Kediri adalah sebagai berikut:

1) Mencetak generasi Islami yang santun dalam bertutur dan berperilaku. 
2) Membudayakan tadarus Al Qur’an, shalat dhuha dan sholat dzuhur berjamaah, serta shalat Jum’at di masjid madrasah. 3) Mengembangkan sikap jujur, amanah, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, hormat orang tua dan guru, menyayangi sesama, dan suka menolong
4) Menumbuhkan sikap dan amaliyah Islami yang berorientasi pada mutu, berdaya saing tinggi, berbasis pada sikap spiritual, intelektual dan moral guna mewujudkan kader umat yang menjadirahmatan lil’alamin. 5) Menumbuhkan semangat belajar guna pencapaian prestasi belajar yang optimal sehingga berimplikasi pada kualitas lulusan.
6) Membina dan mengembangkan karya tulis ilmiah secara berkelanjutan. 7) Membina dan mengembangkan potensi kesenian peserta didik secara berkelanjutan.
8) Pembinaan IMTAQ  melalui pemberdayaan tempat ibadah untuk memperdalam agama dan pengamalannya. 9) Menyelenggarakan pembelajaran untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir aktif, kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah.
10) Penerapan strategi pembelajaran PAIKEMI (Praktis, Aktif, Inovatif, Kreatif, Menyenangkan dan Islami) dan Menerapkan manajemen partisipasif dengan melibatkan seluruh warga madrasah, komite, dan stakeholder dalam peningkatan mutu pendidikan. 11) Memanfaatkan jaringan teknologi informasi sebagai sarana pendukung pembelajaran.
12) Mewujudkan sistem pembelajaran madrasah yang bertumpu pada budaya menuntut ilmu secara terus menerus dan berorientasi pada perkembangan kemajuan teknologi informasi serta tuntutan kebutuhan dunia kerja. 13) Menumbuhkan budaya prestasi dan daya saing yang sehat baik dalam akademik dan non akademik dan mengembangkan life skill dalam aktivitas pendidikan.

 

Data yang diperoleh dari misi MAN 5 Kediri agar tercapainya visi madrasah, maka misi yang dilakukan oleh MAN 5 Kediri kaitannya dengan temuan peneliti adalah adanya kegiatan keagamaan salah satunya dengan mewajibkan bagi seluruh siswa untuk melaksanakan shalat dhuha dan shalat dzuhur dengan berjamaah di masjid madrasah.