• (0354)412258
  • mankandat@yahoo.co.id
Uncategorized
PERINGATI IDUL ADHA DENGAN MANASIK HAJI

PERINGATI IDUL ADHA DENGAN MANASIK HAJI


Kediri, 19 Juni 2024 – MAN 5 Kediri menyelenggarakan kegiatan Manasik Haji bagi siswa-siswinya pada Rabu, 19 Juni 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam serta pelatihan praktis mengenai pelaksanaan ibadah haji, yang merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim yang mampu.

Acara dimulai pukul 07.00 WIB dengan sambutan oleh Kepala Sekolah MAN 5 Kediri, Sahrul Munir, MA. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya kegiatan ini sebagai bagian dari persiapan spiritual dan mental bagi para calon jamaah haji. Beliau juga mengapresiasi antusiasme para siswa yang begitu semangat mengikuti rangkaian kegiatan.

Sesi pertama diisi dengan pemberian materi teori mengenai rukun dan wajib haji oleh H. Moh. Ikhwan, S.Th.I., seorang pembimbing haji yang berpengalaman. Materi yang disampaikan mencakup rukun haji seperti Ihram, Wukuf di Arafah, Thawaf Ifadah, Sa’i, Tahallul, dan Tertib, serta wajib haji seperti Ihram dari miqat, Mabit di Muzdalifah, Mabit di Mina, Melontar Jumrah, dan Thawaf Wada.

Setelah sesi teori, kegiatan dilanjutkan dengan praktik manasik haji di lapangan MAN 5 Kediri yang telah diatur menyerupai kondisi di tanah suci Mekkah. Para peserta dengan khidmat mengikuti simulasi ihram, thawaf, sa’i, wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah dan Mina, serta melontar jumrah. Simulasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran nyata mengenai pelaksanaan ibadah haji sehingga para calon jamaah dapat lebih siap secara fisik dan mental.

Kegiatan manasik haji di MAN 5 Kediri diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz H. Alwan Sulthoni, S.Pd. Dalam doanya, beliau berharap agar semua peserta dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan mendapatkan haji yang mabrur.

Sahrul Munir,MA. menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen MAN 5 Kediri dalam memberikan pendidikan agama yang menyeluruh dan mendalam kepada para siswa. “Kami berharap melalui kegiatan ini, para siswa tidak hanya memahami teori ibadah haji, tetapi juga siap secara fisik dan mental untuk melaksanakannya,” ujarnya.

Kegiatan manasik haji ini mendapat respons positif dari para siswa dan orang tua. Mereka merasa kegiatan ini sangat bermanfaat dan memberikan bekal yang cukup untuk melaksanakan ibadah haji di masa depan.Dengan terselenggaranya kegiatan ini, MAN 5 Kediri terus menunjukkan komitmennya dalam mendidik generasi muda yang beriman, berilmu, dan beramal sholeh. (Tim Humas)

DOKUMENTASI


Untuk update informasi terbaru, ikuti kami di :

Like us on Facebook   Watch us on Youtube   Follow us on Instagram   Follow us on Instagram   Follow us on Instagram   man5kediriofficial


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *